Candi Abang yang Berkesan

Berlibur di candi Abang tampaknya sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, kali ini tempat yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dibanding candi-candi lain yang ada di Jogja. Dimana, Candi Abang ini terletak di atas bukit seperti bukit Teletubies dengan rumput hijau yang begitu indah disertai pemandangan alam yang nampak begitu mempesona. Dengan keunikan tersebut maka tak heran jika Candi Abang banyak dijadikan spot foto menarik bagi para wisatawan, terutama para fotografer.

Lokasi Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta.Candi Abang berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Akses ke lokasi terbilang cukup mudah untuk dilewati hanya saja untuk menuju ke candi, sobat harus menempuh jalan kaki kurang lebih 200 meter dari area parkir ke Candi Abang.

Secara bentuk, diketahui bahwa ukuran alas Candi Abang adalah 36 x 34 meter, dan tingginya belum bisa diperkirakan. Candi ini berbentuk seperti piramida, dengan sumur di tengahnya. Di candi ini, terdapat tangga,masuk dan dibuat dari batu putih alias gamping. Selain itu, ada sebagian batu-batu andesit yang belum diketahui fungsinya.

Selain itu, pada dasarnya bahwa Candi Abang sendiri merupakan Candi yang berbentuk seperti piramid karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini berupa bukit, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Ada yang menyebutkan bahwa candi abang ini mirip seperti bukit teletubies. Sehingga, dari atas bukit Candi Abang ini, para pengunjung bisa berfoto atau berselfie ria dengan background pemandangan yang menakjubkan.

Meskipun tak setenar candi-candi lain, namun tampaknya dengan lokasi yang cukup unik ini Candi Abang bisa menjadi salah satu tujuan alternatif buat para wisatawan yang ingin mengabadikan sebuah foto dari bukit. Selain itu, tempat ini pun juga bisa dijadikan sebagai lokasi untuk melihat sunrise maupun sunset secara terbuka.

About Hanindito Dandhanggula