Candi Barong

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki peninggalan sejarah yang lengkap. Bagi kamu yang suka dengan sejarah atau peninggalan jaman terdahulu mulai dari kerajaan budha, hindu hingga masa orde baru bisa kamu jumpai di Yogyakarta. Sehingga wajar saja jika kota ini dikenal dengan kota budaya karena tradisi leluhur yang masih dipertahankan. Nilai sejarah memang sangat melekat di setiap tempat Yogyakarta ini.

Tidak ada salahnya jika Yogyakarta menjadi salah satu daerah tujuan untuk beriwisata. Salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi dan disusuri adalah candi Barong. Candi Barong merupakan candi peninggalan agama Hindu yang terletak di Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Penamaan Barong pada candi ini dikarenakan terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang menyerupai Barong. Jika kamu kurang mengenal nama candi Barong, biasanya juga disebutu dengan Candi Sari Suragedug.

Candi ini berbeda dengan candi-candi yang ada sebelumnya, sebab candi tersebut merupakan candi dengan bangunan berundak yang notabene adalah model bangunan suci ciri khas dari masa prahindu. Pada bagunan candi ini terdiri dengan teras bersusun tiga yang makin keatas semakin lancip.

Candi ini tergolong masih sepi pengunjung karena lokasinya yang menjorok masuk. Sehingga ketika kamu datang ke candi ini akan lebih leluasa terlebih saat cuaca cerah maka pemandangannya pun semakin indah. Letaknya yang diatas bukit dan masih asri menjadikan pemandangan sekitar candi semakin nampak mengagumkan. Hijaunya tumbuhan menambah kesan asri disektar candi. Ketika kamu sampai di candi ini maka kamu akan disambut dengan dua candi kembar yang dibangun berdampingan.

Kedua bangunan candi tersebut tidak memiliki pintu masuk ke tubuh candi karena tidak ada ruang didalamnya. Sehingga kamu cukup menikmati candi dari luar dan bisa mengambil gambar serta mempelajari bebatuan yang ada pada candi tersebut jika kamu tertarik dengan arkeologi.

Nah, untuk menuju ke lokasi candi Barong tersebut sebenarnya cukup mudah terlebih ketika kamu berkunjung ke daerah candi Ijo. Ketika rute mengarah ke candi Ijo maka kamu akan menemukan papan rute ke candi Barong yang letaknya disebelah kiri. Dari papan tersebut menuju ke candi Barong kurang lebih 2 km.

About Hanindito Dandhanggula