Eksotisme Candi Prambanan

Menghabiskan waktu liburan untuk berwisata ke Candi Prambanan tampaknya menjadi salah satu hal yang patut untuk kita kunjungi. Bukan tanpa alasan mengingat candi ini kaya akan arsitektur yang megah dan berkelas dunia. Inilah salah satu hal yang menjadikan Candi Prambanan sebagai destinasi wisata bagi para turis lokal maupun luar negeri. Bukan hanya arsitektur kelas dunia saja yang menjadikan peninggalan Hindu ini istimewa. Lebih dari itu terdapat pula cerita rakyat yang telah diwariskan secara turun-temurun, seperti kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Candi Prambanan yang statusnya kini merupakan sebuah candi peninggalan Kerajaan Hindu ini berada di perbatasan antara Klaten-Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi yang megah ini mempunyai ukuran dan ketinggian terbesar se-Asia Tenggara. Menakjubkan bukan Candi Prambanan ini?

Tak hanya itu saja, pemandangan di kawasan Candi Prambanan pun juga terbilang sangat mempesona. Kompleks candi yang begitu asri dengan taman yang indah serta bangunan menjulang tinggi ini menjadi tempat favorit untuk hunting foto. Kamu yang hobi berselancar di sosial media bisa langsung meng-upload foto selfie di jalan setapak menuju kompleks candi yang elegan. Bagi para penggemar fotografi, bisa memilih spot lain di kawasan Candi Prambanan yang lebih indah dari sekadar berfoto Kamu bisa memilih senja atau fajar pada sesi ini.

Selain itu, panorama Candi Prambanan juga bisa dinikmati pada sore hari. Dimana, pada saat memasuki senja, pemandangan candi yang menjulang lengkap dengan langit kemerahan bisa kamu lihat. Pada saat dipentaskan sendratari, bangunan candi akan disorot lampu warna-warni nan indah. Selain kompleks candi, kamu juga bisa belajar sejarah melalui Museum Arkeologi dan Audio Visual yang masih berada di kompleks Candi Prambanan. Kereta kelinci juga siap membawa para pengunjung berkeliling di sekitaran Prambanan.

Nah, untuk lokasinya sendiri, Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan yang mencakup dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada tepat di tepi jalan raya Jogja –Solo. Wisata Candi Prambanan sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

About Hanindito Dandhanggula