Nikmati Suasana Sunset di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi yang ada di pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo. Kawasan wisata ini memiliki kisah yang menarik untuk dibahas sebab terdapat sebuah cerita legenda yang melekat di Puncak Suroloyo.

Kulonprogo menjadi salah satu kabupaten yang banyak menyimpan cerita rakyat yang melekat di masyarakat. Puncak Suroloyo sendiri sangat melekat dengan cerita mengenai Raden Mas Rangsang. Tokoh Raden Mas Rangsang atau juga dikenal dengan Sultan Agung Hanyokrokusumo mendapatkan wangsit kekuasaan di tanah Jawa.

Terlepas dari kisah legenda yang melekat di Puncak Suroloyo ini menyuguhkan pemandangan yang indah sebab disekelilingnya terdapat kebun the yang hijau. Selain itu, Puncak ini juga memiliki ciri khas tersendiri yakni adanya beberapa puncak yang memiliki pemandangan yang indah dan berbeda.

Pemandangan yang disuguhkan pada Puncak Suroloyo ini sangat cocok untuk melihat pemandangan ketika sunrise maupun sunset. Bahkan jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro ketika tidak tertutup kabut. Bahkan kamu melihat keindahan candi Borobudur yang terletak di Magelang tersebut.

Untuk bisa mencapai ke puncak dari Bukit Suroloyo tersebut maka kamu harus menaiki tangga ya ng berjumlah 286 yang memiliki tingkat kemirimgan yang cukup terjal. Pada umumnya, jika orang tidak terbiasa naik tangga akan mudah terengah-engah ketika sampai di anak tangga yang ke 100. Namun, rasa lelah tersebut akan segera hilang karena terobati dengan pemandangan yang disuguhkan di puncak Siroloyo tersebut. Di puncak ini juga terdapat gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat pemandangan yang indah dari atas puncal.

Untuk menuju ke lokasi wisata alam ini yang terletak di Dusun Keceme, Gerbosari, Samigalurh, Kulonprogo ini kamu bisa memilih rute-rute berikut. Pertamja dari arah Jogja, kamyu cukup ambil jalan ke Godean kemudian menuju ke Nanggulan. Ikuti jalan hingga menuju ke Kalibawang dan akhirnya sampai ke Suroloyo. Sedangkan untuk rute kedua jika ambil dari arah Semarang atau Magelang maka ambil arah ke Muntilan kemudian ambil rute ke jalan Wates. Ikuti jalan hingga menuju ke Kalibawang dan nanti akan sampai ke Suroloyo.

About Hanindito Dandhanggula