Taman Tebing Breksi Yogyakarta

Yogyakarta saat ini menyuguhkan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pada umumnya, banyak wisatawan jika berkunjung ke Jogja diantaranya adalah Keraton, Jl. Malioboro, Candi Prambanan ataupun Pantai. Namun, nyatanya menawarkan tempat wisata baru yang tidak kalah menakjubkan daripada yang sudah terkenal di kalangan wisatawan luar kota.

Salah satu destinasi wisata yang saat ini banyak diminati oleh pengunjung baik dalam kota ataupun luar daerah adalah Tebing Breksi. Ya, tebing ini merupakan tebing yang dulunya adalah tambang yang diambil batu kapurnya sehingga meninggalkan kikisan batu. Lambat laun, tempat tersebut kemudian dijadikan obyek wisata dengan ukiran yang menakjubkan yang dilakukan oleh seniman lokal. Ukiran yang menghiasi dinding tebing tersebut diantaranya adalah naga dan wayang. Dan sudah diresmikan oleh Gubernur D.I Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X pada 30 Mei 2015.

Tebing ini terdiri dari dua tebing, yang pertama adalah tebing dengan ukuran yang kecil dan hanya cukup menampung beberapa orang saja namun jika sampai ke atas maka kamu bisa melihat pemandangan yang indah.

Sedangkan tebing yang satunya adalah tebing dengan puncak yang luas. Pada umumnya orang akan ke puncak tebing ini untuk menikmati panorama alam yang indah. Kamu bisa melihat jajaran bukit dan rumah-rumah penduduk. Menariknya ketika mendekati waktu matahari terbit atau matahari tenggelam sebab pemandangannya sangat indah. Untuk berada di tebing ini biasanya waktu dibatasi oleh pengelola yakni sampai pukul 5 sore. Dan akan ada petugas yang akan memperingati jika ada pengunjung yang masih ada diatas tebing tersebut apabila melebih waktu yang ditetapkan.

Diatas puncak tebing tersebut kamu juga bisa berfoto-foto karena disana terdapat spot-spot selfie yang disediakan oleh pengelola. Jika dilihat dari atas, maka kamu akan melihat panggung seni yang terletak disisi kiri atau tepat menuju ke tebing jika kamu sudah memasuki lokasi wisata ini. Sedangkan disisi kanan maka kamu akan melihat dari atas yakni jalur trek untuk balap off road.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini seperti halnya menuju ke Candi Ijo yakni di dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

About Hanindito Dandhanggula