Wisata Candi Ratu Boko

Selain candi Prambanan, Yogyakarta juga memiliki situs candi lain yang tidak kalah bersejarah yakni Candi Ratu Boko. Jika melihat dari segi sejarah, kisah antara Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan saling bertautan. Bahkan letak candi ini dengan candi Prambanan sangat dekat yakni 3 km.

Candi Ratu Boko merupakan situs arkeologi yang mana candi tersebut merupakan bekas kompleks istana yang berdiri atas beberapa bangunan. Jika kamu ingin melihat pemandangan sunset, candi Ratu Boko adalah satu lokasi wisata candi yang sangat direkomendasikan. Dari atas candi ini kamu bisa menikmati sunset dengan langit yang kemerah-merahan. Terlihat semakin eksotis apabila bangunan tersebut terpancar sinar matahari yang akan tenggelam.

Sebaiknya datang ke wisata candi Ratu Boko ini ketika pagi atau sore hari sebab jika kamu datang ketika siang maka sinar matahari sangat menyengat. Jika terpaksa bisa meluangkan waktu ketika siang hari, sangat disarankan untuk menghindari pakaian dengan warna hitam yang notabene sangat mudah menyerap sinar matahari.

Bangunan candi yang berdiri tegak tersebut menjadikan salah satu bukti bahwa candi Ratu Boko memang komplek istana yang konon memiliki luas sekisar 250.000 m2. Nah jika kamu berkesempatan untuk mengelilingi kawasan candi Ratu Boko maka kamu akan menemui banyak bangunan yang indah. Diantaranya aada candi Batukapur, candi PemBokoran, Paseban, Keputren dan Gua (Gua Lanang dan Gua Wadon).

Yang menjadi daya tarik dari candi Ratu Boko ini adalah ketika menikmati sunset di gerbang candi tersebut. Jika kamu suka dengan dunia fotografi maka lokasi ini bisa kamu kunjungi karena akan menyuguhkan pesona alam yang indah.

Untuk menuju ke lokasi Candi Ratu Boko, kamu bisa melalui rute dari Jl. Solo km 17 (Depan Candi Prambanan). Ketika menemui pertigaan maka kamu belok ke arah pasar Piyungan. Untuk menuju lokasi tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih hanya 5 menit saja jika menggunakan kendaraan pribadi. Dan untuk masuk ke lokasi wisata candi ini maka kamu harus membayar tiket seharga Rp 25ribuĀ  hingga pukul 3 sore.

About Hanindito Dandhanggula